Pengertian Registry

Istilah registry di kalangan pengguna komputer (komputer maniak) sudah tidak aneh lagi. Namun, ternyata bagi sebagian orang awam, registry masih menjadi istilah asing.

Registry adalah pusat susunan database yang digunakan oleh Windows untuk menyimpan informasi ataupun mengkonfigurasi aplikasi, perangkat keras dan sejumlah pengguna.

Bagian dari Registry
Pada Windows XP, registry dibagi dalam 6 bagian, yaitu:

  1. HKEY_CLASSES_ROOT adalah bagian paling utama pada registry. Bagian ini merupakan yang mengepalai kunci akar.
  2. HKEY_CURRENT_USER merupakan tempat untuk menyimpan pengaturan tentang pengguna yang sedang mengoperasikan komputer. HKEY_CURRENT_USER adalah nama lain bagi HKEY_USERS.
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE mengandung semua pengaturan tentang hardware yang dipasang.
  4. HKEY_USERS memiliki semua data pengaturan pengguna komputer. Pengaturan setiap pengguna akan disimpan dalam profil masing-masing.
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG adalah nama lain bagi HKEY_LOCAL_MACHINE>Config>nnnn. nnnn adalah nomor profil yang mengandung profil hardware yang dipasang.
  6. HKEY_DYN_DATA (tidak terdapat dalam Windows NT/2000/XP) berfungsi sedikit berbeda dengan kunci yang lain. Kunci ini adalah salinan sementara yang diperlukan supaya Windows dapat mengakses data registry dengan cepat.

Comments :

0 comments to “Pengertian Registry”

Post a Comment

 

Recent Post

Followers

Recent Comments